Membuat Animasi Flash, Cara Buat Animasi Flash, Animasi Dengan Flash, Membuat Animasi, Cara Membuat Animasi Flash

Membuat Animasi dengan Flash | Animasi pada Blog

ANIMASI BLOG – MENYIAPKAN BUTTON

Membuat Animasi dengan flash dapat digunakan untuk kebutuhan animasi pada blog agar dapat lebih bervariasi dan lebih memperindah tampilan blog itu sendiri.  Hal ini didukung dengan tersedianya fasilitas pembuatan button atau tombol, khususnya pada aplikasi macromedia flash.

Button merupakan salah satu bagian sifat atau karakter dari symbol yang secara otomatis akan memiliki timeline tersendiri. Timeline adalah salah satu komponen utama dalam membuat animasi. Dengan demikian kita dapat memberlakukan semua fungsi membuat animasi dengan flash.  Button sebenarnya merupakan movie clip interaktif yang memiliki 4 frame.  Tiga frame yang pertama dimaksudkan untuk mengatur tampilan button atau tombol saat pointer berada di dalam atau di luar area aktif dari button ataupun saat mouse di klik.  Sedangkan frame yang ke-empat menentukan area aktif dari button. Dengan kemampuan ini kita dapat menampilkan animasi pada blog melalui kemampuan animasi dan kemampuan interaktif dari button.

Seperti ditunjukkan pada video Membuat Animasi dengan Flash di atas, ke-empat frame, yang secara otomatis terbentuk saat button dibuat, masing masing mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Frame Up berfungsi untuk menetapkan tampilan buton saat pointer berada di luar area aktif dari button.
  2. Frame Over berfungsi untuk menetapkan tampilan button saat pointer berada di di dalam area aktif dari button
  3. Frame Down berfungsi untuk menetapkan tampilan button saat mouse diklik sementara pointer berada di dalam area aktif dari button.
  4. Frame Hit berfungsi untuk menetapkan area aktif dari button.

Sedikit berbeda dengan timeline umumnya, timeline yang dimiliki oleh button tidak dimainkan, tetapi hanya bereaksi terhadap posisi dan aksi pointer dengan melakukan lompatan ke frame yang bersesuaian.  Jika kita menetapkan teks dari button berwarna putih pada frame Up dan berwarna merah pada frame Over maka ketika pointer digerakkan, teks pada button akan berwarna putih saat pointer berada di luar area aktif dari button dan berubah menjadi merah saat pointer berada di dalam area aktif dari button.

Sehubungan dengan area aktif itu sendiri, sebagai contoh, jika kita mendefinisikan teks sebagai button maka area aktif dari button adalah setiap huruf yang membangun teks tersebut, tidak untuk ruang kosong diatara huruf-huruf pada teks.  Akan tetapi, jika kita membuat layer tambahan pada timeline dan menambahkan persegi-empat yang melingkupi teks itu pada frame Hit maka semua titik yang berada di dalam persegi-empat tersebut, termasuk ruang kosong diantara karakter pada teks, merupakan area aktif dari button.  Biasanya, pointer akan berbentuk panah saat berada di luar area aktif dan berubah menjadi berbentuk tangan yang menunjuk saat berada di dalam area aktif dari tombol.

Cara membuat tombol, secara sederhana dan ilustratif, diperagakan pada video Membuat Animasi dengan Flash di atas.  Video ini juga dilengkapi dengan contoh animasi pada blog, berupa animasi banner dan animasi pada button atau tombol.

Secara garis besar membuat button dilakukan dengan terlebih dahulu membuat suatu shape dengan bantuan tools gambar dan mengubahnya ke button melalui menu Modify – Convert to Symbol atau dengan klik kanan pada button dan memilih Convert to Symbol ataupun dengan menekan tombol fungsi F8 pada keyboard.  Lalu pada pada kotak dialog Convert to Symbol yang ditampilkan, pilih Button.

Untuk melihat timeline dari button yang baru saja dibentuk, klik ganda pada button tersebut.  Timeline terpisah dengan 4 frame seperti dipaparkan di atas akan ditampilkan dimana kita selanjutnya dapat melakukan pengaturan-pengaturan animasi sesuai yang diinginkan.

Sebagai tambahan anda dapat kunjungi artikel Animasi di Blog yang membahas sisi lain tentang cara menampilkan animasi pada blog.

One comment

  1. free games says:

    WONDERFUL Post.thanks for share..extra wait .. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *