Membuat Animasi Flash, Cara Buat Animasi Flash, Animasi Dengan Flash, Membuat Animasi, Cara Membuat Animasi Flash

Cara Buat Animasi Flash

CARA BUAT ANIMASI FLASH – CONTOH MOTION TWEENING

Cara buat animasi flash yang diperagakan disini adalah motion tweening yang terdiri dari 2 jenis pergerakan utama, translation tweening dan rotation tweeningTranslation tweening memperagakan suatu pergerakan atau perpindahan posisi dimana setiap titik pada bentukan yang dianimasikan berpindah secara kontinyu melalui jalur yang sama dan menempuh jarak yang sama. Sementara rotation tweening memperagakan pergerakan kontinyu setiap titik pada bentukan mengitari suatu titik tertentu yang menjadi titik pusat perputaran.  Titik pusat ini bisa salah satu titik pada bentukan atau titik lain di luar bentukan tersebut.

Setelah mengetahui tahapan dasar Membuat Animasi Flash, berikut adalah contoh Animasi Flash sederhana dengan menggunakan fasilitas motion tweening dari Macromedia Flash.

  • Aktifkan program Macromedia Flash.
  • Buat 3 layer pada panel Timeline dan masing-masing beri nama  Ltranslasi, Lrotasi, dan Lgabungan pada layer-layer tersebut.  Penambahan layer dilakukan dengan meng-klik tombol Insert Layer pada bagian kiri bawah dari panel Timeline. Mengubah nama layer dilakukan dengan klik ganda pada layer dan beri nama baru yang diinginkan.
  • Klik frame 1 pada layer Ltranslasi.  Klik  Rectangle Tool pada panel Tools (atau tekan R), klik kotak Fill Color di panel Properties, pilih warna yang diinginkan dan seretlah kursor untuk membentuk segi-empat pada bidang gambar (stage).  Klik Selection Tool pada panel Tools (atau tekan V) dan klik ganda salah satu garis pembatas segi-empat yang baru dibentuk untuk memilih semua garis pembatas lalu tekan DEL untuk menghapus garis pembatas tersebut. Geser bentukan segi-empat untuk menempatkannya  pada bagian kiri agak ke atas dari bidang gambar.

Catatan: Bentukan yang dihasilkan berupa shape seperti ditunjukkan pada panel Properties.  Motion Tweening tidak berlaku pada bentukan jenis ini.  Karena itu kita harus mengubahnya ke Symbol.

  • Klik Selection Tool pada panel Tools (atau tekan V), jika belum terpilih.  Klik kanan pada bentukan segi-empat dan pilih Convert to Symbol pada menu yang ditampilkan.  Pada kotak dialog Convert to Symbol yang kemudian ditampilkan, berikan nama MCkotak pada field Name. Pada Behavior pilih Graphic.  Pada Registration pilih kotak kecil di tengah. Kemudian klik OK. Symbol Graphic yang terbentuk akan otomatis terdaftar pada panel Libraries.
  • Jika panel Libraries belum tampil pilih menu Window lalu pilih Libraries untuk menampilkannya.
  • Klik frame 1 pada layer Lrotasi lalu seret (drag) Symbol Graphic bernama MCKotak dari panel Libraries ke bidang gambar (stage) dan tempatkan bentukan persegi-empat yang kedua ini di bawah yang pertama, sejajar secara vertikal. Selanjutnya, klik frame 1 pada layer Lgabung dan, dengan cara yang serupa, seret lagi (drag) MCKotak dari panel Libraries ke bidang gambar. Tempatkan bentukan segi-empat yang ketiga di bawah yang kedua, sejajar secara vertikal.

Catatan: Sekarang telah ada 3 bentukan segi-empat pada bidang gambar.  Bentukan segi-empat pertama berada pada keyframe di frame 1 dari layer Ltranslasi, bentukan kedua berada pada keyframe di frame 1 dari layer Lrotasi, dan bentukan ketiga berada pada keyframe di frame 1 dari layer Lgabung.

  • Klik kanan frame 30 pada layer Ltranslasi lalu pilih Insert KeyFrame pada menu yang ditampilkan. Lingkaran hitam masif akan ditambahkan pada frame 30 tersebut. Dengan Selection Tool, pilih bentukan segi-empat yang pertama dan seret (drag) sambil menekan SHIFT ke arah kanan sampai mendekati tepi kanan dari bidang gambar (stage).
  • Klik salah satu frame diantara frame 1 dan frame 30 pada layer Ltranslasi.  Pada panel Properties klik kotak dropdown Tween dan pilih Motion.  Panah dengan garis padat akan terbentuk antara frame 1 menuju frame 30 pada layer Ltranslasi.
  • Klik kanan frame 30 pada layer Lrotasi dan pilih Insert KeyFrame pada menu yang ditampilkan.
  • Klik salah satu frame diantara frame 1 dan frame 30 pada layer Lrotasi.  Pada panel Properties klik kotak dropdown Tween dan pilih Motion, lalu klik kotak dropdown Rotate dan pilih CW.  Pada kotak isian di kanannya masukkan nilai 2 (times) untuk menetapkan 2 kali perputaran.
  • Klik kanan frame 30 pada layer Lgabung dan pilih Insert KeyFrame pada menu yang ditampilkan.  Dengan Selection Tool, pilih bentukan segi-empat yang ketiga dan seret (drag) sambil menekan SHIFT ke arah kanan sampai mendekati tepi kanan dari bidang gambar (stage).
  • Klik salah satu frame diantara frame 1 dan frame 30 pada layer Lgabung.  Pada panel Properties klik kotak dropdown Tween dan pilih Motion, lalu klik kotak dropdown Rotate dan pilih CW.  Pada kotak isian di kanannya masukkan nilai 2 (times) untuk menetapkan 2 kali perputaran.
  • Untuk melihat pergerakannya, seret Timeline Slider (kotak merah transparan pada garis skala Timeline) dari frame 1 ke freme 30.
  • Untuk menguji hasilnya pilih menu Control lalu pilih Test Movie.

Hasilnya akan memperlihatkan gerakan yang berbeda pada 3 bentukan segi-empat.  Segi-empat pertama akan melakukan gerak translasi.  Segi-empat kedua akan melakukan gerak rotasi.  Segi-empat ketiga pada layer Lgabung akan memperlihatkan gerak translasi dan rotasi secara bersamaan.

Dengan pengecualian beberapa kreasi tambahan, hasil animasi yang telah dikerjakan akan serupa dengan animasi pada video di atas.  Selamat mencoba.

Catatan:  Jika panel Properties tidak tampil, pilih menu Window lalu pilih Properties untuk menampilkannya.

Tentang Blog Ini

====================================

Sponsor:  www.MahirInternetMarketting.com

15 comments

  1. money says:

    This is a great post, thanks!

  2. Many of the remarks on this particular weblog dont make sense.

  3. Cara Buat Animasi Flash | animasi-flash.com I was suggested this web site by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my trouble. You’re incredible! Thanks! your article about Cara Buat Animasi Flash | animasi-flash.comBest Regards Craig

  4. Maggie says:

    I’d like to find out more? I’d love to find out
    ѕome additional infοrmation.

  5. ghdflghkdfs says:

    I like it whenever people come together and share views. Great site, continue the good work!

  6. Lissa Weberg says:

    I truly enjoy reading through on this site, it holds superb content . “Beauty in things exist in the mind which contemplates them.” by David Hume.

  7. Wow, amazing blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your site is magnificent, as well as the content!. Thanks For Your article about Cara Buat Animasi Flash | animasi-flash.com .

  8. golf says:

    Nice site you have here

  9. What a fantastic idea, I cannot wait to receive my first letter!

  10. baju bayi says:

    Hey There. I found your blog using msn. This is a really well written article. I’ll be sure to bookmark it and return to read more of Cara Buat Animasi Flash | animasi-flash.com . Thanks for the post. I’ll definitely return.

  11. jfd98ayhcim says:

    So cool…

    The information provided in the article are some of the best available…

  12. Laci Otex says:

    Very good info. Lucky me I discovered your website by accident (stumbleupon). I have saved it for later!

  13. Rickey says:

    Nice blog . Keep up the good work.

  14. Muhammad Tugian says:

    apart from the themes that I use all my own construction

  15. sembeb says:

    tutorila ea bagus sih gan….. cuman napa coment ea jadi ladang spam gtu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *